Sejarah dan Asal-usul Ayam Geprek

Siapa yang tak kenal ayam geprek? Hidangan ayam goreng tepung yang diulek kasar dan dicampur sambal pedas ini telah menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Di balik kelezatannya, ayam geprek memiliki sejarah dan asal-usul yang menarik untuk ditelusuri.

Di artikel ini kita akan membahas sejarah, popularitas, dan penyajian ayam geprek. Yuk simak penjelasan lebih lengkapnya!

Baca Juga : Sejarah Ayam Goreng, Hingga Jadi Makanan Favorit Sejuta Umat

Sejarah Ayam Geprek

Melansir dari CNN Indonesia, sejarah ayam geprek berawal dari Yogyakarta pada tahun 2003. Saat itu, seorang penjual makanan bernama Ibu Ruminah atau Bu Rum di kawasan Papringan, Yogyakarta, secara tidak sengaja menciptakan hidangan ini. Awalnya, Bu Rum hanya berjualan lotek dan soto. Melihat banyak mahasiswa yang menyukai ayam goreng tepung, ia pun menambahkan menu ayam goreng “kentucky” ke dalam dagangannya.

Ayam Geprek Bu Rum pelopor ayam geprek di Indonesia ( X @txtdrkuliner)

Suatu hari, seorang mahasiswa memesan ayam goreng dengan sambal bawang. Karena kesal dengan permintaan yang dianggapnya aneh, Bu Rum pun menaburkan dan mengulek kasar ayam goreng tersebut bersama sambal bawang. Tak disangka, sang mahasiswa menyukai rasa pedas dan tekstur ayam yang unik. Sejak saat itu, hidangan “ayam geprek” mulai dikenal dan digemari.

Bagaimana Ayam Geprek Bisa Terkenal?

Kepopuleran ayam geprek tak lepas dari rasa pedas dan teksturnya yang unik. Perpaduan ayam goreng tepung yang renyah dengan sambal pedas dan gurih memberikan sensasi rasa yang berbeda dari ayam goreng biasa. Selain itu, harga ayam geprek yang relatif murah membuatnya disukai berbagai kalangan, khususnya mahasiswa.

Popularitas ayam geprek semakin meningkat dengan munculnya berbagai kedai dan restoran yang khusus menyajikan hidangan ini. Berbagai inovasi pun dilakukan, seperti variasi sambal, topping, dan level pedas, untuk menarik minat pelanggan.

Penyajian Ayam Geprek

Ayam geprek umumnya disajikan dengan nasi putih, lalapan, dan sambal bawang pedas. Beberapa kedai dan restoran juga menambahkan berbagai topping, seperti keju mozzarella, telur dadar, dan kol goreng. Saat disajikan biasanya ayam geprek ditemani dengan es teh atau es lemon tea.

Baca Juga : Tips Memilih Bahan Baku Ayam Geprek yang Berkualitas

Temukan Ayam Geprek Terdekat

Anda penggemar ayam geprek? Mr Kriuk hadir untuk memuaskan selera Anda dengan ayam geprek yang lezat dan pedas! Kami menggunakan ayam segar berkualitas dan diolah dengan bumbu spesial, menghasilkan ayam goreng tepung yang renyah di luar dan juicy di dalam. 

Ditambah dengan sambal pedas yang diulek kasar, setiap gigitan ayam geprek Mr Kriuk akan memberikan sensasi rasa yang tak terlupakan. Mr Kriuk memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia. Anda dapat menemukan ayam geprek Mr Kriuk terdekat dengan mudah

Tunggu apa lagi? Kunjungi Mr Kriuk Cabang Terdekat sekarang dan nikmati ayam geprek lezat dan pedas! Info selengkapnya DI SINI

Referensi:

CNN Indonesia. Asal-usul Ayam Geprek Jadi Makanan Populer.Diakses pada 21 Februari 2024. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200612112607-262-512565/asal-usul-ayam-geprek-jadi-makanan-populer 

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts