Strategi Mengelola Stok dan Persediaan Pada Bisnis Ayam Goreng dengan Efisien

Ayam goreng adalah salah satu hidangan yang paling populer di Indonesia. Bisnis ayam goreng pun menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Namun, untuk menjalankan bisnis ayam goreng yang sukses, diperlukan pengelolaan stok dan persediaan yang efisien.

Stok dan persediaan merupakan hal yang penting untuk bisnis ayam goreng. Stok adalah bahan baku yang digunakan untuk membuat ayam goreng, seperti ayam, minyak goreng, bumbu, dan bahan-bahan lainnya. Persediaan adalah produk ayam goreng yang siap dijual.

Baca Juga : 4 Manfaat Pos System untuk Bisnis UMKM 

Punya Tempat Penyimpanan yang Cukup

Ayam adalah bahan baku utama dalam bisnis ayam goreng. Untuk menjaga kualitas ayam, penting untuk menyimpannya di tempat yang dingin dan kering. Salah satu cara terbaik untuk menyimpan ayam adalah di dalam freezer.

Freezer dapat membantu menjaga ayam tetap segar dan awet hingga 12 bulan. Selain itu, freezer juga dapat membantu Anda untuk menyimpan ayam dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Saat memilih freezer untuk bisnis ayam goreng, pastikan Anda memilih freezer yang memiliki kapasitas yang cukup. Kapasitas freezer yang dibutuhkan tergantung pada jumlah ayam yang akan Anda simpan.Selain itu, pastikan Anda memilih freezer yang memiliki suhu yang stabil. Suhu freezer yang ideal untuk menyimpan ayam adalah -18°C.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Kemitraan Dibawah 10 Juta

Melakukan Pencatatan Secara Rutin

Pencatatan stok dan persediaan secara rutin penting untuk memantau ketersediaan stok dan persediaan Anda. Pencatatan yang akurat dan lengkap dapat membantu Anda untuk menghindari kesalahan dalam mengelola stok dan persediaan. Ada beberapa cara untuk melakukan pencatatan stok dan persediaan, yaitu:

  • Pencatatan manual

Pencatatan manual adalah cara yang paling sederhana untuk melakukan pencatatan stok dan persediaan. Anda dapat menggunakan buku catatan atau spreadsheet untuk mencatat stok dan persediaan Anda.

  • Pencatatan digital

Pencatatan digital adalah cara yang lebih modern dan efisien untuk melakukan pencatatan stok dan persediaan. Ada banyak aplikasi dan software yang dapat digunakan untuk pencatatan stok dan persediaan.

Tentukan Minimum Stock Inventory

Minimum Stock Inventory adalah jumlah minimum stok yang harus Anda miliki untuk memenuhi kebutuhan penjualan Anda. Dengan menentukan jumlah menipis persediaan barang, Anda dapat menghindari kekurangan stok yang dapat menyebabkan Anda kehilangan penjualan.

Untuk menentukan jumlah menipis persediaan barang, Anda perlu memperhitungkan beberapa faktor, yaitu:

  • Jumlah penjualan rata-rata
  • Waktu pengiriman dari pemasok
  • Kebutuhan operasional

Misalnya, jika jumlah penjualan rata-rata ayam per hari adalah 50 potong, waktu pengiriman dari pemasok adalah 3 hari, dan kebutuhan operasional adalah 20 ekor, maka jumlah menipis persediaan barang ayam adalah 210 potong.

Dengan memiliki minimum stock inventory sebesar 210 ekor, Anda akan memiliki stok ayam yang cukup untuk memenuhi kebutuhan penjualan selama 3 hari sebelum supplier datang.

Buat Stok Cadangan

Menyiapkan stok cadangan layaknya memasang jaring pengaman ekstra untuk bisnis ayam goreng Anda. Ini ibarat memiliki asuransi terhadap ketidakpastian permintaan, keterlambatan pengiriman, atau bahkan fluktuasi harga ayam di pasar. Dengan stok cadangan, Anda tak perlu khawatir kehabisan ayam di saat kritis, menjaga pelanggan tetap puas, dan memastikan kelancaran operasional bisnis.

Jumlah stok cadangan yang ideal bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti rata-rata penjualan harian, lead time pengiriman ayam, dan variabilitas permintaan. Namun, secara umum, disarankan untuk memiliki stok cadangan setidaknya cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 1-2 hari. Misalnya, jika Anda rata-rata menjual 100 ekor ayam per hari, maka stok cadangan minimal adalah 100-200 ekor.

Bergabung di Kemitraan Fried Chicken Mr Kriuk, Nggak Usah Pusing Mikirin Stok Ayam

Bagi Anda yang ingin membangun bisnis kuliner Fried Chicken, tetapi bingung cara mendapatkan supplier ayam yang berkualitas, bergabung dengan kemitraan Fried Chicken Mr Kriuk adalah pilihan yang tepat.

Dengan bergabung di kemitraan fried chicken Mr Kriuk, Anda tidak perlu khawatir dengan stok ayam. Mr Kriuk menyediakan supplier ayam yang berkualitas dan terpercaya.

Ayam yang disediakan oleh supplier Mr Kriuk memiliki kualitas yang baik dan terjamin. Ayam tersebut berasal dari peternakan yang terpercaya dan menggunakan pakan yang berkualitas.

Dengan stok ayam yang terjamin, Anda dapat fokus pada operasional bisnis fried chicken Anda. Anda tidak perlu khawatir dengan ketersediaan ayam, sehingga Anda dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts