5 Manfaat Jamur Bagi Kesehatan

Apa kalian menyukai jamur? Jamur merupakan camilan favorit banyak orang, rasanya yang unik dan gurih menjadikannya sebagai camilan yang tidak boleh dilewatkan. Tidak hanya rasanya yang enak, jamur juga merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Jamur mengandung berbagai macam nutrisi penting, seperti protein, serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, jamur juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.Dalam artikel ini, kita akan membahas kandungan dalam jamur dan 5 manfaat jamur bagi kesehatan.

Kandungan Jamur

Melansir dari WebMd, jamur merupakan sumber yang kaya akan selenium, vitamin D, dan vitamin B6. Selenium dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, vitamin D dapat membantu pertumbuhan sel-sel baru, dan vitamin B6 dapat membantu produksi sel darah merah. Nutrisi-nutrisi ini semuanya penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Baca Juga : 4 Manfaat Daging Ayam Bagi Kesehatan

Manfaat Jamur Bagi Kesehatan

Dengan kandungan-kandungan di atas tentunya jamur memiliki berbagai manfaat, berikut adalah penjelasannya:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jamur adalah sumber nutrisi yang kaya yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Sebagai makanan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung makronutrien berikut:

  • Selenium, yang membantu tubuh membuat enzim antioksidan untuk mencegah kerusakan sel. Jamur cremini dan portabella adalah sumber selenium yang baik.
  • Vitamin D, yang membantu pertumbuhan sel, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan. Jamur maitake adalah sumber vitamin D yang baik.
  • Vitamin B6, yang membantu tubuh membentuk sel darah merah, protein, dan DNA. Jamur shiitake adalah sumber vitamin B6 yang baik.

Menjaga Kesehatan Tulang

Jamur adalah sumber vitamin D yang bagus. Vitamin D membantu tubuh Anda menyerap kalsium untuk menjaga dan membangun tulang yang kuat.

Jamur tertentu, seperti jamur kancing putih, portabella, dan cremini, dapat meningkatkan jumlah vitamin D mereka setelah terpapar sinar UV atau sinar matahari. Untuk mendapatkan jumlah harian yang direkomendasikan, iris 3 jamur (atau 1 portabella), paparkan pada sinar matahari setidaknya selama 15 menit, dan nikmatilah.

Jamur adalah makanan yang lezat dan bergizi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena mengandung kalium, nutrisi yang dapat membantu mengurangi efek negatif natrium pada tubuh. Kalium membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Jamur juga memiliki kadar natrium yang rendah, sehingga dapat membantu mengurangi asupan natrium Anda. Natrium adalah mineral yang dapat meningkatkan tekanan darah. Dengan mengurangi asupan natrium, Anda dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Mencegah Kanker

Melansir dari UCLA Health Jamur mengandung ergothioneine, asam amino dan antioksidan yang kuat. Ergothioneine dapat membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel, yang dapat menyebabkan kanker.

Beberapa jenis jamur, seperti shiitake, tiram, maitake, dan tiram raja, memiliki jumlah ergothioneine yang lebih tinggi. Namun, para peneliti menemukan bahwa memasukkan berbagai jenis jamur ke dalam menu makanan harian Anda juga dapat membantu mengurangi risiko kanker

Baca Juga : 4 Rekomendasi Camilan Buat Teman Nonton Drakor

Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium adalah mineral yang penting untuk kesehatan jantung. Ini membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama penyakit jantung.

Beta-glukan adalah serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol tinggi adalah faktor risiko lain untuk penyakit jantung.

Ergothioneine adalah asam amino yang diproduksi oleh jamur. Ergothioneine memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan. Kerusakan jantung dapat menyebabkan penyakit jantung.

Nah itu dia manfaat jamur bagi kesehatan, ternyata banyak juga ya. Buat Anda yang suka makan jamur, yuk ke Mr Kriuk cabang terdekat! Di sini kami menjual jamur krispi yang rasanya bikin nagih. Cek cabang terdekatnya DI SINI

Referensi:

WebMD. Health Benefits of Mushrooms.Diakses pada tanggal 04 Januari 2024. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-mushrooms 

UCLA Health.7 health benefits of mushrooms. Diakses pada tanggal 04 Januari 2023. https://www.uclahealth.org/news/7-health-benefits-of-mushrooms 

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts