5 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Jagung, salah satu sumber nutrisi yang sering dianggap sebagai sayuran, padahal sebenarnya termasuk ke dalam kategori biji-bijian. Tidak hanya memiliki rasa yang lezat dan serbaguna dalam berbagai hidangan, tetapi jagung juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menakjubkan. Berikut adalah kandungan dan lima manfaat luar biasa dari konsumsi jagung yang bisa membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kandungan Jagung yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Melansir dari Cleveland Clinic, jagung memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Secara nutrisi, setengah cangkir jagung (sekitar satu biji jagung berukuran sedang) memiliki sekitar:

  • 98 kalori.
  • 23,5 gram karbohidrat.
  • 0 gram kolesterol.
  • 0,78 gram lemak.
  • 2 gram serat.
  • 3 gram protein.
  • 5 miligram natrium.
  • 3,78 gram gula.

Apa Saja Manfaat Jagung?

Jagung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, berikut diantaranya:

Menjaga Kesehatan Mata

Jagung kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel mata. Kerusakan sel mata dapat menyebabkan berbagai masalah mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak lutein dan zeaxanthin memiliki risiko lebih rendah terkena katarak dan degenerasi makula. Studi ini juga menunjukkan bahwa antioksidan ini dapat membantu meningkatkan penglihatan, terutama pada orang tua.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jagung adalah sumber serat yang baik, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat adalah bagian dari makanan nabati yang tidak dapat dicerna oleh tubuh kita. Meskipun tidak dapat dicerna, serat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk, membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus besar.

Melindungi Jantung

Jagung dapat membantu melindungi jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan melindungi pembuluh darah. Ia mengandung pitosterol, zat tumbuhan alami yang meminimalkan jumlah kolesterol yang diserap tubuh.

Jagung juga mengandung ubiquinone (CoQ10), vitamin yang menyehatkan jantung yang dapat menurunkan risiko kerusakan jantung. Selain itu, jagung biru dan ungu mengandung antosianin, antioksidan yang terkait dengan penurunan tekanan darah dan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker

Jagung Baik Untuk Penderita Diabetes

Jagung adalah makanan yang rendah gula alami dan tinggi serat. Satu biji jagung ukuran sedang mengandung 4 gram gula alami, yang kurang dari sepertiga gula dalam apel.

Jagung juga mengandung karbohidrat kompleks, yang dicerna lebih lambat daripada gula sederhana. Ini berarti jagung tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam, seperti yang dapat terjadi dengan makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana.

Mr Kriuk Juga Punya Menu Jagung Loh!

Buat kamu yang suka makan jagung, apalagi buat ngemil, Mr Kriuk hadir dengan menu jagung gorengnya yang nikmat. Tak hanya jagung, Mr Kriuk juga menyediakan berbagai camilan yang bisa kamu coba, seperti kentang, jamur, dan lainnya. Yuk segera datang ke cabang Mr Kriuk terdekatmu! Cek lokasinya, di Cabang Mr Kriuk

Demikian penjelasan mengenai kandungan dan manfaat jagung. Dengan memasukkan jagung ke dalam makanan Anda secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

.

Referensi:

Healthline. Corn 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Diakses pada 05 Januari 2024. https://www.healthline.com/nutrition/foods/corn 

Cleveland Clinic. 6 Health Benefits of Corn. Diakses pada 05 Januari 2024. https://health.clevelandclinic.org/benefits-of-corn 

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts